Login Member
Username:
Password :
Agenda
29 April 2016
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7

Profil Madrasah

Nama Sekolah

Alamat Madrasah

Telepon

Email

 

Website

Kode Pos

Kecamatan

Kota

Provinsi

Standart Madrasah

Nomor Statistik Madrasah

Tahun Didirikan/ Dibangun

Tahun Beroprasi

Status Tanah

Luas Tanah

Kepala Madrasah

:

:

:

:

 

 

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

MTs Negeri Model Palu

Jl. Cik Ditiro No. 27 Palu

(0451) 421758

mtsnmodelpalutimur@yahoo.co.id

mtsnmodelpalu27@gmail.com

mtsnmodelpalu.sch.id

94111

Palu Timur

Palu

Sulawesi Tengah

Type A

111172710002

1978

1978

Pemerintah

2.000 M2

Drs. AHYAR, M.Pd.I


Jumlah Siswa, Kelas, Jumlah Gedung dan Jumlah Kelas
  No Jumlah Siswa / Kelas Jumlah  Jumlah 
Kelas VII Kelas VIII Kelas IX  Gedung
L P L P L P  Keseluruhan
 Jml 152 168 127 158 72 158 835  - Cik Ditiro
 Siswa  - MH. Thamrin
 Jml Kls 8 8 7 23  

Jumlah Personil Madrasah
  Pegawai Kemenag Pegawai Pemda
L P L P
4 20 6 7

Jumlah Pegawai
  No PNS PTT GTT
L P L P L P
1 4 3 12 8 8 26
Jumlah 7 20 34

Keadaan Mobiler
   Jenis Baik Rusak Ringan Rusak Berat  K e t
 Kursi Kamad 1 0 0 1
 Meja Kamad 1 0 0 1
 Kursi Wakamad 4 0 0 4
 Meja Wakamad 4 0 0 4
 Kursi Guru 42 0 0 42
 Meja Guru 42 0 0 42
 Kursi TU 7 0 0 7
 Meja TU 7 0 0 7
 Kursi Siswa 458 0 0 458
 Meja Siswa 458 0 0 458
 Kursi Kuliah Chitose 390 0 0 390
 Lemari 6 0 3 9
 Komputer 16 0 4 20
 Mesin Ketik 2 0 0 2
 Papan Tulis 23 0 0 23
 Mesin Stenlis 0 0 0 0
 Mesin F. Copy 0 0 0 0

Jumlah Siswa Berdasarkan Usia
  No Usia ( Thn ) Kelas VII Kelas VIII Kelas IX
L P L P L P
1 < 12 Thn 2 5        
2 12 Thn 101 113 6 5    
3 13 Thn 46 513 79 117 3 9
4 14 Thn 3 3 39 37 48 124
5 15 Thn 1   4 1 19 26
6 16 Thn     1   1 1
7 > 16 Thn            

Kekhasan Madrasah

a. Bangunan Fisik (arsitektur. Tata lokasi)

- Arsitektur

Secara fisik bangunan gedung MTsN Model Palu Timur adalah bagunan dengan gaya arsitektur tahun 70an yang sudah direhab beberapa kali dari bangunan sebelumnya, tercatat ada 3 kali pekerjaan rehab berat yang dilakukan antara lain tahun 1987 perbaikan gedung kelas dan kantor periode kepala madrasah Drs. B.Lawahid S, tahun 1993 perbaikan dan penambahan lantai II tiga gedung sekaligus diera kepemimpinan bapak Drs. Syamsuddin Badarong, tahun 2012 perbaikan bagian depan gedung dengan tampilan model perpaduan gaya aristektur sekarang model minimalis dan interior ruang tamu/tunggu dan kantor yang ditata sesuai perkembangan model eksklusif dikerjakan di era kepemimpinan Drs. Ahyar, M.PdI.

Keadaan Sarana Prasarana

Tanah: Luas Tanah yang dimiliki 2.144 m2

Bangunan yang ada antara lain:

No

Jenis Bangunan

Yang ada/

Kondisi

Keterangan

tersedia

1

Ruang Belajar

23

Baik

 

2

Ruang Kepala Madrasah

1

Baik

 

3

Ruang Waka Madrasah

1

Baik

 

4

Ruang Tata Usaha

1

Baik

 

5

Ruang Guru

2

Baik

 

6

Gedung Perpustakaan

1

Baik

 

7

Gedung Lab Bahasa

1

Baik

 

8

Gedung Lab IPA

1

Baik

 

9

Ruang Lab Komputer

1

Baik

 

10

Ruang BP/BK

1

Baik

 

11

Ruang UKS

1

Baik

 

12

Ruang OSIS

1

Baik Baik

 

13

Sanggar Pramuka

1

Baik

 

14

Ruang Unit Keterampilan dan Kesenian

1

Baik

 

15

Masjid/Musholla

1

Baik

 

16

Gedung Pertemuan/Aula

1

Baik

 

17

Gedung Koperasi Siswa

1

Baik

 

18

WC Guru/K.aryawan

3

Baik

 

19

WC Siswa

5

Baik

 

20

Warung Sekolah / Kantin

4

Baik

 

21

Tempat Sepeda Motor

1

Baik

 

22

Gudang

1

Baik

 

Data Ruang Kelas

 

Jumlah Ruang Kelas Asli (d)

Jumlah Ruang lainnya yang digunakan untuk ruang kelas

( e )

Jumlah ruang

Yang digunakan

Untuk Ruang Kelas

 

Ukuran  7x9 m2

( a )

Ukuran  < 63 m2

( b )

Jumlah

< 63 m2

( c )

Jumlah

( d )

(a+b+c)

 

(f) = (d+e)

 

Ruang

-

-

-

-

-

23

 

Kelas

23

-

-

23

-

 

 Data Ruang Lain

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (m)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (m)

1. Perpustakaan

1

9 x 15

4. Ruang Guru

1

93.39

2. Lab. Bahasa

1

9 x 15

5. Ruang   Kantor

1

28.25

3. Keterampilan

1

9 x 15

-

-

-

4. Lab. IPA

1

7 x 8

-

-

-

- Tata Lokasi

Adapun tata lokasi MTsN model Palu Timur ini adalah terletak di jalan cikditiro no. 27 Palu tepatnya di pusat kota palu ibu kota provinsi Silawesi Tengah dengan gambaran strategis antara lain, kurang lebih 75 meter dibelakang kantor Gubernur Sulawesi Tengah, berhadapan dengan kantor Dinas Imformasi dan Komunikasi Provinsi Sulawesi tengah, berbatas pagar sebelah timur dengan kantor Dinas Perizinan Provinsi Sulawesi Tengah, disebelah barat berbatasan dengan Sekolah Dasar Negeri 5 dan Sekolah Dasar Negeri 24 palu, sebelah utara berbatasan pagar dengan TK Darma Wanita kantor Gubernur Selawesi Tengah.

Secara strategis MTsN Model Palu timur berdekatan dengan beberapa sekolah menengah pertama (SMP) faforit dikota palu antara lain kurang lebih 150 meter arah timur dengan SMPN 4 Palu dan SMP 14 Palu, sebelah selatan kurang lebih 250 meter berdekatan dengan SMPN 1 Palu , sekitar 700 meter ke arah selatan  berdekatan dengan SMPN 2 Palu dan sekitar 900 meter arah barat berdekatan dengan SMPN 15 Palu.

 b. Tehnik Pembelajaran

Dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas kepada siswa, MTsN Model Palu Timur telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum yang di canangkan pemerintah setiap periodik.

Sejak dicanangkannya kurikulum KTSP beberapa tahun lalu, MTsN Model Palu Timur sudah memenuhi tuntutan tersebut dengan merancang dokumen KTsP dan merevisinya setiap tahun pada dokumen 2 sehingga sesuai dengan keadaan tahun pembelajaran berjalan. Dengan jumlah rombongan belajar 23 kelas maka perlu melakukan rekayasa kurikulum agar siswa-siswi  bisa cepat dan tepat sasaran dalam menerima pelajaran dari guru dengan tidak melenceng jauh dari struktur kurikulum yang ada. Salah satu strategi didalam meningkatkan mutu tersebut adalah dengan menetapkan 9 kelas unggulan dari 23 kelas tadi. Kelas unggulan tersebut ada 3 kelas dijenjang kelas VII, 3 kelas dijenjang kelas VIII dan 3 kelas di jenjang kelas IX, waktu belajar dengan kelas reguler berbeda sebab di kelas unggulan ada mata pelajaran tertentu yang mendapat penguatan khusus dengan meambah alokasi jam belajar seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA yang dalam struktur kurikulum mendapat porsi waktu 4 jam perminggu, namun dikelas unggulan mendapat tambahan 2 jam sehingga setiap mata pelajaran tersebut menjadi 6 jam perminggu.

Adapun waktu belajar adalah 6 hari kerja senin sampai sabtu dengan rata-rata alokasi jam mengajar 8 jam perhari bagi kelas reguler, untuk kelas  unggulan menambah 2 jam sehingga kelas tersebut menjadi 10 jam pehari sehingga semua guru di MTsN Model Palu Timur jumlah jam mengajar diatas 24 jam peminggunya. Jam kerja guru dan pegawai adalah masuk pukul 07.15 dan pulang 15.00

c. Kemandirian Pembiayaan

Dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Model Palu tidak terlepas dukungan keuangan dan pembiayaan, berikut sumber dana dan pembiayaan operasional di MTsN Model adalah sebagai berikut :

-      Dana Rutin

Dana Rutin adalah dana yang disiapkan oleh pemerintah dalam hal ini kementerian Agama untuk setiap SATKER (Satuan Kerja) yang ada dilingkungan kementerian agama termasuk MTsN Model Palu yangdi bagi dalam tiga mata pembiayaan :

  1. Belanja Pegawai:  terdiri dari gaji guru dan pegawai, tunjangan provesi, uang makan, honor guru tidak tetap, tambahan penghasilan guru dll.
  2. Belanja Barang : terdiri dari anggaran alat tulis perkantoran, pemeliharaan gedung, pemeliharaan peralatan dan mesin, langganan listrik, langganan telepon, langganan belanja  jasa lainnya, belanja keperluan perkantoran, honor operasional satuan kerja, belanja biaya pemeliharaan peralatan dan mesin, belanja perjanan biasa, belanja sewa.
  3. Belanja Modal : terdiri dari belanja penambahan nilai gedung dan bangunan, belanja bantuan social.

 -      Dana BOS

Sejalan dengan program pemerintah untuk subsidi dana operasional terhadap pembiyaan pendidikan yang lebih di kenal dengan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maka di MTsN Model sampai dengan tahun 2014 mendapat alokasi dana Bantuan Operasional sekolah (BOS) sebesar jumlah siswa 810 dikalikan dengan satuan penerima tingkat SMP/MTs sebesar Rp. 710.000,- dengan total dana diterima Rp. 575.100.000 peruntakan dana ini sesuai dengan RAPBS madrasah diatur dengan sistim pembelajaan tidak tumpang tindih dengan sember pembiyaan lainnya dalam hal ini dibelanjakan sesuai dengan 13 item pembelanjaan.

 -      Dana Komite

Komite madrasah merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam memajukan pendidikan di madrasah, komite adalah perpanjangan tangan kepala madrasah dan seluruh dewan guru dalam pengambilan kebijakan terhadap orang tua siswa. Salah satu yang menjadi peran serta komite MTsN Model Palu adalah menggali sumber dana dari orang tua siswa untuk tambahan biaya operasional pendidikan di MTsN model Palu baik pembiayaan kegiatan siswa maupun pengadaan kebutuhan sarana.

 

9 kelas unggulan di  MTsN model palu adalah bukti nyata peran aktif komite dengan istilah infaq pemutuan yg sudah di gali sejak tahun 2011 s/d 2013, bukti nyata tersebut dapat kita lihat dari kedaan kelas unggulan dengan sarana semuanya terpenuhi antara lain, semua kelas unggulan menggunakan karpet, horden, AC, Kipas angin, kursi meja belajar semua ruang kelas unggulan serta fasilitas lainnya yang dibiayai dengan dana cukup besar, sedangkan fasilitas diluar kelas dibiayai adalah pembuatan WC guru 2 buah, pengadaan vacum cleaner, kursi chitose untuk guru dan pegawai, computer siswa dan guru, tanbahan honor guru tidak tetap, tambahan insentif kamad, KTU, Pembina, wali kelas, satpam, cleaning service dan yang lainya.

 d. Kewirausahaan

Dalam menggali potensi keamandirian madrasah  tidak hanya dengan melibatkan komite semata namun dapat melibatkan semua guru, pegawai dan siswa MTsN Model yang telah mendirikan Koperasi sekolah  yang bertujuan membantu menaggulangi kebutuhan sehari-hari guru, pegawai dan siswa dengan berbagai macam usaha yang dilakukan seperti simpan pinjam yang baru berjalan lebih satu tahun sudah mendapat omzet sebesar 3 juta perhari, dan penjualan barang-barang konsumsi dengan omzet rata-rata 750.000/hari  

 e. Kepemimpinan

Keberadaan MTsN Model Palu Timur selama kurun waktu dari berdirinya hingga sekarang sudah dipimpin 8 kepala madrasah, dari setiap pimpinan mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda hal ini dapat dilihat dari program yang dihasilkan, sebagai contoh era kepemimpinan bapak Drs. Syamsudin Badarong tahun 1992 – 1998 yang merupakan era perubahan secara total pada semua aspek antara lain yang paling menonjol adalah perubahan fisik bangunan dari luas bangunan awal 189 Mmenjadi  1.554 M2 lantai II, pola pembinaan keagamaan yang lebih terarah pada mutu keluaran siswa hingga tampilnya siswa MTsN Model dapat dirasakan di tengah masyarakat